26 Desember 2009

legenda orihime dan hikoboshi

aku sangat suka dengan cerita- cerita dongeng, mitos-mitos, legenda. mulai dari yang asli indonesia, sampai mitologi yunani, jepang pun aku suka.
seperti legenda japang tentang orihime dan hikoboshi.ini termasu legenda jepang pertama yang aku tahu, hasil dari baca komik serial cantik yang dah aku lupa apa judulnya.
mengisahkan bintang Vega yang merupakan bintang tercerah dalam rasi bintang Lyra sebagai Orihime (Shokujo), putri Raja Langit yang pandai menenun. Bintang Altair yang berada di rasi bintang Aquila dikisahkan sebagai sebagai penggembala sapi bernama Hikoboshi (Kengyū). Hikoboshi rajin bekerja sehingga diizinkan Raja Langit untuk menikahi Orihime. Suami istri Hikoboshi dan Orihime hidup bahagia, tapi Orihime tidak lagi menenun dan Hikoboshi tidak lagi menggembala. Raja Langit sangat marah dan keduanya dipaksa berpisah. Orihime dan Hikoboshi tinggal dipisahkan sungai Amanogawa (galaksi Bima Sakti) dan hanya diizinkan bertemu setahun sekali di malam hari ke-7 bulan ke-7. Kalau kebetulan hujan turun, sungai Amanogawa menjadi meluap dan Orihime tidak bisa menyeberangi sungai untuk bertemu suami. Sekawanan burung kasasagi terbang menghampiri Hikoboshi dan Orihime yang sedang bersedih dan berbaris membentuk jembatan yang melintasi sungai Amanogawa supaya Hikoboshi dan Orihime bisa menyeberang dan bertemu.

hiks-hiks sedih ya? masa cuma ketemu setahun sekali?
kejam banget mah si dewa langit? kasih hukuman peringatan dulu kek, kayak misalnya hikoboshi harus segera menggembala lagi dan orihime harus menenun lagi dan harus ada hasil signifikan dari pekerjaan mereka atau semua aset dan kekayaan mereka dibekukan.
hehehe. aku emang ngaco. jaman gituan mana ada aset,saham yak?
jadi apa dunk hukuman buat mereka berdua bagusnya ya?
apa dikasih ultimatum aja yah? supaya tetap sadar kalo gak selamanya mereka jadi pengantin baru. hehehee.
sebelum omongan aku tambah ngaco, mendingan sampai disini aja lah dulu,
kayaknya aku dah mulai error ne.
buat apaaa coba mikirin hukuman buat mereka berdua? lagi latihan jadi dewa langit?

1 komentar:

  1. wahhhhhhh kcian bgt ya klo kya gtu mndingan dcrain aja hehehe

    BalasHapus

Featured