3 Mei 2010

hal yang kamu pikirkan sebelum mati

kalau seandainya kamu tahu bahwa hidup kamu hanya tinggal sebentar lagi, apa yang akan kamu lakukan?
apa yang akan dan untuk siapa kamu akan melakukannya?
apakah kamu akan membuat dan memberikan banyak kebahagiaan bagi orang2 yang kamu sayangi sebagai tindakan terakhirmu, ataukah kamu akan melakukan segala cara untuk membuat orang yang kamu sayangi membencimu?

dengan memmbuat banyak kebahagiaan bagi orang yang kamu sayangi, akan membuatmu mati bahagia karena sampai akhir kau tetap membuat orang yang kamu sayangi bahagia dan sampai akhir orang yang kamu sayangi tetap berada disisimu, samapi akhir ada orang yang mencintaimu.

dengan membuat orang yang kamu sayangi membencimu, kamu tetap akan mati bahagia karena sampai akhir kamu tetap melindungi orang yang kamu sayangi dari rasa sedih karena akan kehilanganmu. meski diakhir hidupmu kamu akan sendirian, tanpa orang yang kamu sayangi mendampingimu.

tapi ada konsekuensi untuk semua pilihan diatas.

dengan membuat orang yang kamu sayangi bahagia sampai akhir hidupmu, kamu mungkin akan membawanya kedalam kesedihan tiada berujung ketika pada akhirnya kamu pergi dari hidupnya. dia tidak akan memikirkan hal-hal bodoh seperti bunuh diri atau mengakhiri hidup, tidak setelah dia tahu bagaimana perjuanganmu untuk terus hidup.

dengan membuat orang yang kamu sayangi membencimu, mungkin kamu akan menjauhkannya dari rasa sakit karena kehilanganmu, tapi hanya untuk sementara. ketika dia tahu yang sebenarnya, mungkin saja dia akan berubah membenci dirinya sendiri sebab dihantui rasa bersalah karena tidak peka dengan semua usahamu untuk membuatnya membencimu itu karena ingin melindungi dirinya.


tidak ada yang salah dengan pilihan itu.
semuanya tergantung pada dirimu sendiri.

Featured