11 Januari 2010

penyesalan

menurutmu, bila kamu bisa kembali ke masa lalu dan mengubah hal yang selalu kamu sesali, apakah kamu akan melakukannya?
bila itu akan membuat dirimu lepas dari semua beban dan penyesalan yang selalu menghimpit dan membuat tidurmu tak nyenyak.
bagaimana?
apakah kamu akan segera melakukannya?
bagi aku, hal yang disesali itu justru adalah bagian dari hidup, bagian dari diri kita yang sekarang.
dengan mengubah masa lalu, aku justru tidak akan pernah berubah jadi aku yang sekarang.
jadi, masih adakah sebenarnya penyesalan?

aku rasa semua orang tanpa mereka sadari juga meyakini ini.
tapi seringkali kita lupa, ketika hidup terasa begitu menyesakkan dan membuat kita ingin lari
misalnya suatu ketika kamu diberitahu bahwa hidupmu cuma menghitung hari lagi.
mungkin hal pertama yang terpikirkan waktu itu adalah kalau saja aku bisa kembali dan mengatakan hal-hal yang ingin aku katakan, mengatakan betapa aku mencintai keluargaku, sahabatku, dan yang paling mungkin aku pikirkan adalah kalau saja waktu itu aku tidak kesana, kalau saja waktu itu aku tidak melakukan itu, kalau saja waktu itu aku melakukan itu,sehingga pada akhirnya kita sampai pada penyesalan.
mencoba berharap kalau saja waktu bisa diputar kembali.agar aku bisa menghapus kesalahanku dan melakukan hal yang seharusnya aku lakukan.

bila hal itu yang terjadi, akankah kita tetap meyakini bahwa seharusnya tidak ada yang perlu disesali?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured